Week 30 ~Basic Breastfeeding Class & Senam Hamil

Sunday, 11th July 2010 (19:54)

Dear my baby Sasikirana..

Hari ini perdana ibun senam hamil, karena kehamilan ibun udah masuk week 30 dan udah waktunya ikutan senam hamil. Jadi Ibun sama aunty Ayu (aunty ayu itu salah satu sahabat ibun dari smp, sampai hamilnya juga bareng nih! Bedanya hanya 3 minggu saja! Hehe) ikut senam hamil di RSIA Archa Medica, senam hamilnya dimulai jam 9 pagi sampai jam 10. Sebelum senam kita dikasih materi, katanya setiap hari materinya beda-beda, nah.. hari ini materinya cara memandikan bayi dan cara jemurnya. Cara memandikannya pakai di bolak balik segala, seru! Hahaha.. tapi intinya adalah saat memandikan bayi, jangan takut-takut memegangnya, karena bayi yang sudah disabuni biasanya licin, kalau kita takut-takut justru bisa terlepas saat kita mau bilas di bak mandi. Tapi, minggu-minggu pertama bayi tidak perlu terlalu sering dimandikan, 1x satu hari cukup (secara Indonesia panas, gak mungkin gak mandi tiap hari). Yang ke-dua adalah menjemur bayi, yang paling bagus adalah matahari dari jam 7 hingga jam stengah 9 pagi, sisanya hanya panas aja.. maklum, matahari jaman dulu (jaman ibun kecil dulu) sama jaman sekarang beda! Matahari jaman sadiiiss.. diiiss!

 

PS. Ibun lagi harus banyak minum niyh.. Soalnya, terakhir control ke dr. Okky, air ketubannya Kiran agak kurang, jadi susah deh mau foro wajahnya Kirana. Dan, kiran jadi gak bisa leluasa berenang juga.

 

Pas lagi ngomongin jemur-menjemur, suster kepala yang memimpin senam (kita panggilnya bude) bilang.. kalau bayi kuning itu wajar, tidak perlu terlalu khawatir, kecuali setelah beberapa minggu masih kuning aja, itu harus diperiksa lebih lanjut. Yang penting adalah bayi cukup minum dan dijemur di matahari. Nah, kalau kita melahirkan di ARCHA, bayi-bayi yang baru lahir pasti dijemur.. karena di ruangan bayi ada jendela besar yang menghadap ke timur. Jadi kalau pagi, bayi-bayi nongkrong disitu sambil berjemur! Hehehe..

Terus, tadi diajarin pijit bayi juga, standar-standar aja siyh.. misalnya pijit “I LOVE U”, yaitu bikin bentuk hati di daerah perut bayi, fungsinya supaya perut gak kembung dan kalo baby susah poop, jadi lancar deh! Bude juga bilang kalau di sana bayi tidak akan diberikan susu formula kecuali permintaan dari orang tuanya dan sebelumnya harus menandatangani surat pernyataan, dan yang harus menandatangani adalah ibu si bayi, tidak boleh di wakilkan. Ibun jadi semakin yakin mau melahirkan di rumah sakit bersalin ini aja, selain sudah mulai kenal dengan bidan dan perawatnya, yang terutama adalah disini mendukung ASI eksklusif! Yay!

Bicara tentang ASI eksklusif,

Hari Sabtu tanggal 3 juli kemarin, ayah dan ibun ikut kelas basic breastfeeding-nya AIMI, disana ibun belajar pentingnya pemberian ASI bagi bayi, dan pemberiannya harus eksklusif. Kecuali memang ada case-case tertentu, yang mengharuskan pemberian pengganti ASI. Ibun dan ayah juga belajar bahwa pemberian ASI itu “its all in the mind” alias “mind games”, jadi kalau kita yakin.. yakin dan yakin kalau ASI kita akan keluar pada waktunya dan ASI kita cukup untuk bayi kita, insyaallah that’s all we will get! Aamiiin..! hari sabtu kemarin itu ibun juga belajar lacth on (pelekatan) pada saat menyusui yang benar, kalau caranya benar pasti tidak akan sakit. Kalau sakit mungkin pelekatannya salah, posisinya kurang pas (bayi kurang sejajar dengan PD mommy-nya, jadi harus disangga), atau bisa juga bayi memiliki tounge tie.

breastfeeding from all around the world

Nah, dari hasil kelas kemarin, kalau mau acara SUSU – Menyusuinya sukses, ada kuncinya.. yang disingkat menjadi C-5, yaitu :

• CLAS S         :     mengikuti kelas tatalaksana menyusui

• CAMARADERIE    :    lingkungan yang mendukung

• CONSULTANTS     :    menghubungi pihak-pihak yang ahli mengenai ASI

• CONFIDENCE        :    percaya diri

• COMMITMENT    :    komitmen

Do’ain ibu sukses menyusui Kirana sampai usia 2 tahun yaa!!

Tinggalkan komentar

Filed under motherhood

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s